Rabu, 29 April 2009

Manfaat Medis Sujud dalam sholat




Sujud, sebagai salah satu rukun sholat, bukan saja memiliki kedalaman makna filosofis, akan tetapi juga mengandung manfaat medis yang sangat luar biasa. Dalam sujud sajalah, posisi otak manusia berada dibawah jantungnya. Artinya, jika kita mengikuti sunnatullah tentang cairan, maka berarti akan semakin banyak volume darah yang mengalir ke otak. Padahal otak adalah a non-expansile box atau sebuah kotak yang yang tidak bisa diperlebar volumenya. Penambahan volume darah sedikit saja pada otak, meskipun itu hanya sebesar 30 cc, sudah bisa menyebabkan otak mengalami tekanan yang tinggi dan menghentikan proses fisiologis, penurunan kesadaran atau bahkan koma. Oleh karenanya, Allah melengkapi otak manusia dengan mekanisme Blood Brain Barrier, yang membatasi aliran darah ke otak secara ketat.

Lalu apa manfaat sujud bagi kesehatan manusia? Jawabnya adalah elastisitas dari pembuluh darah, terutama pembuluh darah kapiler, atau pembuluh darah yang memiliki ukuran yang teramat kecil. Pada kondisi normal, Blood Brain Barrier bertindak sangat ketat membatasi aliran darah yang mengalir ke otak, yang mengakibatkan (pada kondisi tertentu) gangguan pada elastisitas pembuluh darah. Terutama oleh adanya plak atheroma, yang biasanya diderita oleh orang mengidap hiper kolesterol dan hiper lipit. Maka, dengan gerakan sholat, maka dengan sendirinya elastisitas pembuluh darah akan senantiasa terlatih dan terjaga.

Selain untuk menjaga elastisitas pembuluh darah, gerakan sujud juga berefek terhadap alignment (pelurusan) ruas-ruas tulang belakang. Coba Anda praktikkan gerakan sujud ini:


  1. badan tegak dengan menumpukan berat badan pada telapak kaki,

  2. tubuh merendah dengan menekukkan badan lutut,

  3. telapak tangan mencapai lantai,

  4. disusul lutut mencapai lantai, jari-jari kaki ditekuk, dan telapak kaki ditegakkan,

  5. tangan di lantai geser maju ke depan,

  6. muka tersungkur, kening dan hidung menyentuh lantai,

  7. pantat diangkat hingga posisi paha tegak lurus,

  8. kedua telapak kaki dirapatkan dan tetap tegak, jari kaki ditekuk hingga menghadap kiblat.

Jika Anda melakukannya dengan benar dan thuma'ninah, maka akan terasa tarikan di belakang daerah pertengahan punggung yang disebabkan oleh gravitasi karena pergeseran titik berat batang tubuh.
Efek alignment ini akan gagal dirasakan oleh kita jika 3 hal berikut ini terjadi:

  1. tergesa-gesa. hal ini terjadi karena ketika terjadi perubahan posisi sebagaimana tersebut di atas otot masih dalam keadaaan tegang,

  2. tidak menegakkan paha dan mengangkat pantat, sehingga sensasi tarikan ke bawah di tulang belakang tidak terjadi,

  3. bila poin 2 sudah dilakukan, maka hal lain yang harus dilakukan adalah memberikan beban yang lebih besar kepada kening untuk menyangga berat badan dibandingkan tangan. Kening terletak satu garis sumbu tubuh. Bila kening tidak menumpu, penyanggaan oleh tangan menyebabkan tegangnya otot bahu dan punggung, sehingga relaksasi tidak terjadi. Atau dengan kata lain efek anti bongkok pada sujud tidak dapat tercapai.

Hal sepele namun terkadang menjadi penyebab utama tidak tercapainya pelaksanaan sujud yang benar sebagaimana tersebut diatas adalah penggunaan sajadah di dalam sholat. Rata-rata ukuran sajadah saat ini berkisar antara 100 - 120 cm. Padahal untuk orang dengan tinggi 170 cm, minimal ukuran sajadahnya adalah 140 cm. Maka buat pemakai sajadah pendek, agar dapat merasakan manfaat sujud secara medis, maka harus meletakkan keningnya di luar sajadah. Jika tidak, maka sujud akan terlihat seperti meringkuk.

0 komentar:

Saleum Teuka...

Ahlan wa Sahlan, selamat datang di dunia maya ku..banyak kisah yang tlah ku tuangkan didunia ini...ada beragam kisah yang sudah ku tuang... Selamat ahlan wa sahlan....tak dapat kusungguhkan minuman sebagai sajian untuk mu puan....hanya ini kisah sebagai pengganti jamuan....

Lencana Facebook

Mengenai Saya

Foto Saya
Aq adalah gadis yang sederhana, yan9 memiliki fikiran yan9 sederhana, hanya in9in hidup sederhana, tapi in9in mencintai oran9 den9an sepenuh jiwa, aq hanya in9in dicintai dan mencintai, aq benci pen9kianatan, aq suka keromantisan dan kejujuran, aq suka jalan-jalan

Buku Tamu

  © Free Blogger Templates Photoblog III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP